# Selamat Datang di Website Resmi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua . . .

Kemdikbud Akan Beri Penghargaan Publikasi Keaksaraan bagi Wartawan dan Umum


Diposting oleh Admin, Rabu, 23 Juli 2014 |

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan dan Pendidkan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) akan memberikan penghargaan publikasi keaksaraan kepada wartawan dan masyarakat umum. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah terhadap wartawan dan masyarakat yang telah berpartisipasi menyebarluaskan tulisan atau informasi mengenai pendidikan keaksaraan atau Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PBA) melalui media cetak atau daring.

Penghargaan ini selain sebagai apresiasi juga bertujuan untuk membangkitkan semangat di kalangan wartawan dan masyarakat umum untuk terus menyebarluaskan informasi tentang pendidikan keaksaraan ini di masa yang akan datang. Dan secara khusus, pemberian penghargaan ini untuk menyebarluaskan informasi program pendidikan keaksaraan dalam berbagai aspek agar dapat dikenali dan dipahami oleh masyarakat.

Kategori penghargaan terbagi dalam dua naskah, yaitu artikel dan feature. Naskah tersebut harus telah dipublikasikan di koran, majalah, tabloid, dan berita daring umum, yang merupakan tulisan asli dalam bahasa Indonesia dan bukan hasil terjemahan, saduran, maupun jiplakan (plagiat). Naskah juga harus mengangkat berbagai sudut pandang pendidikan keaksaraan dengan tema utama UNESCO: “Keaksaraan Menuju Abad 21”. Naskah yang dipilih merupakan naskah yang telah dimuat di media cetak atau media daring pada periode bulan Oktober 2013 sampai Juni 2014.

Peserta baik yang berasal dari wartawan maupun masyarakat umum dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan. Namun demikian, untuk setiap pengirim hanya berhak untuk satu penghargaan. Naskah yang akan dinilai dapat diperoleh dengan dua cara. Pertama dengan dikirim ke Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, dan kedua melalui studi dokumentasi.

Ketentuan naskah yang dikirim ke panitia adalah satu eksemplar media cetak yang diterbitkan, satu lembar fotocopy tulisan yang diterbitkan, satu print screen naskah tulisan dari media daring yang dimuat, fail elektronik naskah asli diketik dalam format kertas A4 (jarak ketikan satu setengah spasi, dan diketik komputer dengan huruf Timer New Roman ukuran 12 point).

Peserta diminta untuk mengisi biodata yang terlampir di petunjuk teknis (bisa diunduh di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/2895). Naskah diterima panitia paling lambat tanggal 30 Juni 2014. Hasil final naskah terbaik akan disampaikan melalui surat. Dan penyerahan penghargaan akan dilakukan pada puncak Acara Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) tingkat nasional yang waktu pelaksanaan akan disampaikan oleh panitia.

Bagi para pemenang disediakan hadiah berupa uang dan piagam penghargaan. Hadiah yang disediakan untuk tiga orang masing-masing kategori Rp10 juta/orang


Komentar