# Selamat Datang di Website Resmi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua . . .

DISEMINASI HASIL PROGRAM SEKOLAH MODEL PROVINSI PAPUA - SEKSI PEMETAAN MUTU dan SUPERVISI (PMS)


Diposting oleh Admin, Rabu, 23 Januari 2019 |

Sekolah merupakan tempat proses belajar dan mengajar bagi peserta didik, karena itu manuasia perlu suatu proses belajar dan mengajar untuk dapat berinovasi dan berfikir secara kritis seperti dilansir dalam sebuah laman bahwa Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.

Hal inilah yang membuat Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Papua, menyelenggaraka Tiga kegiatan secara bersamaan yaitu Diseminasi Hasil Program Sekolah Model, Bimtek Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Bimtek Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Kegiatan ini merupakan bentuk dari Tugas dan Fungsi LPMP papua salah satunya Melakukan supervisi satuan pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan serta Melakukan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan.

 Hal ini disampaikan dalam sambutan ketua panitia Agung Widinugroho, S.Si.,, M.Pd mengatakan tujuan dari kegiatan ini:

Mensosialisasikan hasil pelaksanaan program sekolah model dan pemetaan mutu pendidikan di provinsi papua, merekomendasikan rencana pemenuhan mutu pendidikan di setiap kabupaten/kota, serta menyamakan persepsi, pemahaman, dan strategi percepatan implementasi penguatan pendidikan karakter dan gerakan literasi sekolah, Mendiskusikan capaian penguatan pendidikan karakter dan gerakan literasi sekolah yang sudah dilakukan oleh beberapa sekolah pilot projeck sebagai  gambaran  ketercapaian  dan  menyusun rencana aksi implementasi penguatan pendidikan karakter dan gerakan literasi sekolah tahun 2019 di masing-masing kabupaten.

Dengan harapan dari kegiatan ini ketua panitia mengharapan adanya gambaran peta Mutu pendidikan serta tercapainya beberapa sekolah model yang ada diprovinsi papua, munculnya komitmen sekolah – sekolah yang lain untuk dapat menjadi sekolah model, Tumbuhnya kreatifitas dan  inovasi  baru tentang program implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah serta Tersusunnya rencana aksi setiap sekolah dalam  implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah tahun 2019 di masing-masing kabupaten dilingkungan sekolah  bahkan di kabupaten.

Dalam Sambutan kepala LPMP Papua Drs. Adran Howay, M.M mengatakan tanpa kita sadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang sangat pesat dan cepat sekali, sehingga kita sebagai tenaga pendidik harus menyesuaikan dengan perkembangan tersebut.

Atas dasar itu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua perlu membuat program Sekolah Model yang  dilaksakan disekolah dalam rangka mendorong sekolah untuk melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan dengan mererapkan budaya mutu pendidikan.

kepala LPMP Papua juga menyampaikan dulu sekolah masih berorientasi pada akses sekolah dan mutu sekolah masih disepelekan. Namun sekarang sekolah harus mengacu pada budaya Mutu Sekolah. Karena itu menurut kepala LPMP Papua sekolah harus memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Sehingga jika ada sekolah yang telah menerapakan 8 Standar Nasional Pendidkan, maka sekolah tersebut dapat diusulakn menjadi sekolah model dan sistem yang diterapak itu yang disebut dengan Sistem Mutu Pendidikan Internal (SPMI).

Dengan diterapkannya Sistem Penjaminan Mutu Internail, maka sekolah diharapakn tidak salah dalam melakukan proses belajar mengajar dikelas. Sekolah juga diharapakn unutk mampu mengarahkan tenaga pendidik untuk lebih kreativ dan berinovativ dalam proses belajar mengajar dikelas sehingga diharapakan peserta didik mampu memahami apa yang dia lakukan.

Diakhir sambutan Kepala LPMP Papua menegaskan bahwa Mutu Pendidkan bukan hanya tanggung jawab 1 orang saja, malainkan kita semua bertanggungjawab atas terselenggaranya Penjaminan Mutu di Sekolah – sekolah, sehingga ketika anak – anak kita ketika lulus sekolah mampu bersaing dengan dunia luar.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidkan Provinsi Papua Elias Wonda, S.Pd., M.H memberikan sambutan dikatakan untuk meningkatkan Mutu sekolah, maka diperlukan kerjasama semua pihak baik yang ada di kabupaten, kota dan provinsi sehingga tanggung jawab ini bukan hanya pada LPMP semata atau orang tua peserta didik, atau pihak sekolah saja namun semua pihak harus mempunyai rasa untuk bersama – sama memajukan pendidikan di tanah papua.

Kegiatan Diseminasi Sekolah Model tahun ini dibuka secara resmi dengan pemukulan tifa oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua

Diakhir acara pembukaan para pejabat dan tamu undangan berkesempatan untuk mengujungi stan pameran sekolah model binaan LPMP Papua yang diikuti dari beberapa sekolah yang ada di kabupaten dan kota jayapura. Sekolah – sekolah tersebut memamerkan program – program ungulan dari sekolahnya masing – masing. Diharapakan dengan adanya pameran ini akan merangsang sekolah lain untuk mengusulkan program – program  dalamm rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolahnya sehigga dapat menjadi sekolah model binaan LPMP Papua.

Kegiatan Diseminasi ini diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 21 s.d 23 januari 2019 di LPMP Papua yang diikuti 20 sekolah negeri dan swasta.

/rwien


Komentar