# Selamat Datang di Website Resmi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua . . .

Anak – anak Papua diharapkan jadi Pengerak pembangunan di tanah Papua.


Diposting oleh Admin, Kamis, 25 April 2019 |

Jayapura---Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 mei 1889 adalah sosok pejuang pendidikan Indonesia dimana beliau dianggap sebagai pahlawan yang sangat berjasa bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Dari pemikiran beliau lahirlah Perguruan Nasional Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922 yang merupakan sebuah tempat yang memberikan kesempatan bagi penduduk pribumi biasa untuk dapat menikmati pendidikan yang sama dengan orang-orang dari kasta yang lebih tinggi. (https://www.masukuniversitas.com/makna-sejarah-hardiknas/)

dari jasa – jasa beliau, setiap tanggal 2 mei setiap tahunnya selalu diperingati Hari Pendidikan Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Senada dengan sambutan dari Walikota Jayapura dr. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan “ tokoh pahlawan pendidikan Ki Hajar Dewantara merupakan sosok yang sangat berjasa dengan membuat taman siswa dengan harapan kita sebagai anak bangsa dapat mengobarkan nilai-nilai pendidikan ditanah papua karena itu kita perlu mencerdaskan dan membuat pintar anak – anak kita “ujarnya.

Sehingga pendidikan menurut beliau menjadi program prioritas atau penting di perhatikan di papua karena menurut walikota jika anak – anak didik kita menjadi pintar dan cerdas itu merupakan aset daerah yang sangat mahal sekali yang mungkin nantinya meraka dapat menjadi SDM pengerak atau motivator pembangunan yang berkualitas disegala bidang untuk tanah papua kedepan. “imbuhnya

Karena itu guru sangat berperan penting dalam mendidik anak – anak kita di sekolah untuk mewujudkan SDM yang berkualitas sejalan dengan cita – cita kita bersama.

Dalam sambutan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Drs. Adrian Howay, M.M katakan “pada kegiatan Gebyar Hardiknas tahun ini akan diawali dengan kegiatan – kegiatan pentas seni, seminar pendidikan dengan tema menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan hal ini dilakukan dalam rangka membangun ekosistem pendidikan yang berkualitas, sehingga dibutuhkan saling kerjasama disegala sektor, baik di pemerintahan, lingkungan masyarakat, intansi swasta karena menurut Kepala LPMP Papua untuk memajukan pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa adalah tanggung jawab kita bersama”. ujarnya

Pada tahun ini kegiatan Gebyar Hardiknas tahun 2019 di pusatkan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua yang melibatkan 4 Unit Pelaksanaan Teknis Kemendikbud antaralain Balai Bahasa Papua, Balai Pelestarian Nilai Budaya, BP PAUD & DIKMAS Papua dan Balai Arkeologi Papua.

Dalam laporan ketua panitia Robert Maryen, M.M katakan “kegiatan gebyar hardiknas acara puncaknya pada tanggal 2 mei 2019 akan dilaksanakan di LPMP Papua dengan melaksanakan Upacara Bendera yang nantinya akan diiukuti oleh 5 UPT dikemendikbud untuk wilayah Papua. Dengan Gebyar Hardiknas diharapakan akan menambah semangat kita untuk berkarya dalam rangka menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan dan akan diselingi dengan beberapa acara anatalain bazar buku murah dan pameran buku dan beberapa kegiatan lainnya, ujarnya.

##Rwien.


Komentar